Senin, 04 Maret 2013

Fauzil Adhim: Bangun Komunikasi yang Baik dengan Anak Sejak Dini

Pemerhati dan penulis buku-buku parenting Muhammad Fauzil Adhim mengingatkan agar para orangtua sejak dini mulai menanamkan komunikasi yang baik pada anak. Menurutnya pertumbuhan anak tidak terlepas dari pertumbuhan cara berpikirnya.Faudzil menilai perlu menanamkan suasana menyenangkan dalam mendidik anak mengenai kebenaran pada umur 1 hingga 7 tahun pertama. Menurutnya, kenyamanan komunikasi yang diterima anak akan membuatnya mudah menerima sebuah nasehat.

"Jadikan kita sebagai orang tua sebagai tujuan pertama anak berdialog ketika ada masalah atau pertanyaan jangan orang lain," jelasnya dalam talk show 'Segenggam Iman Anak Kita' di Islamic Book Fair (IBF), hari Ahad (03/03/2013).

Kolumnis di Majalah Hidayatullah ini juga menyaranakan agar sikap tegas kepada anak mulai dibiasakan saat anak berumur diatas 7 tahun. Sementara pada umur 10 tahun ke atas orangtua bisa melakukan hukuman sekaligus penghargaan ketika ada kebaikan yang dilakukan anaknya.

"Saat anak mulai kritis orangtua harus mampu menjadi supporting dalam menata pemikiran mereka," jelasnya lagi.

Selain di seminar 'Segenggan Iman Anak Kita', Fauzil juga berencana menjadi pembicara di panggung utama IBF 2013 di hari yang sama pada pukul. Terlihat hadir dalam acara itu, penulis buku produktif asal Yogyakarta Salim A Fillah.*
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...